Menu
career / Living

Waktu Terbaik Untuk Memulai Bisnismu

Menunda-nunda adalah sifat manusia pada umumnya. Beberapa dari kita ingin sukses dari usaha kita sendiri, tapi kita sendiri selalu menunda-nunda kapan untuk membangun usaha. Kita juga sering bingung kapan sih sebaiknya kita memulai usaha kita sendiri? 

Banyak juga yang berpikiran untuk, “Ngumpulin modal dulu deh, percuma dong mau bikin usaha tapi nggak ada modal.” 

Atau mungkin, “Pengen sih bikin usaha, tapi bingung mau bikin apa”. 

Selain itu, mungkin kalian pernah berpikir, “Yah.. udah telat kalau sekarang mau bikin usaha.”

Picture Source: pinterest.com

Salah satu faktor utama untuk mendirikan sebuah usaha adalah modal. Modal bisa didapat dengan banyak cara. Banyak kisah entrepreneur sukses yang mendapat modal dari keluarga, dari tabungan yang dikumpulkan selama bertahun-tahun, atau dari investor. Bahkan beberapa dari entrepreneur sukses memulai usahanya dengan modal nol. Modal itu apa saja sih? Kesan pertama ketika mendengar kata modal adalah uang. Modal bisa bermacam-macam, seperti uang, ide, skill, dan lain-lain. Kita semua sudah memiliki modal untuk membangun usaha sendiri sejak kita lahir, hanya saja banyak yang menilai modal adalah selalu uang. Nope! 

Ketika kita dilahirkan dengan bakat, itulah modal utama dan pertama kita untuk membangun usaha. Setiap manusia selalu dilahirkan sesuatu yang khusus. “But, I don’t have any specialty or talents,” and that would be impossible. Nggak ada manusia yang dilahirkan tanpa bakat, we just don’t know what it is. And it’s every individual’s responsible to discover their own talents or specialty. Even praying is a talent (because I know someone who has this talent).

Modal utama adalah bakat kita. Setelah kita asah secara tekun, modal tersebut akan menjadi kekuatan utama dalam membangun usaha kita. Modal yang selanjutnya adalah uang. Believe it or not, uang akan datang secara sendirinya jika kita mau berusaha. Entah itu dari teman, keluarga, orang tua, orang tua teman, temannya teman, or maybe some strangers.

Picture source: pinterest.com

Kalau kita mau membangun sebuah usaha, selalu mulai dari ide. Menentukan ide adalah langkah pertama membangun sebuah usaha. There’s a quotes, “Don’t try to be original, just try to be good.” Paul Rand, graphic designer. Ide yang kita gunakan dalam membangun usaha tidak perlu harus murni dari hasil olah pikir kita bertahun-tahun. Just start from something you like. Misalnya, kalau suka menggambar atau ilustrasi, kita bisa membuat stationery seperti buku, kartu, atau custom illustration; kalau suka fashion, kita bisa menjadi fashion blogger, atau membuat butik, atau apa saja. Semua bermula dengan apa yang kita suka. Bayangkan saja jika kita membuat usaha tapi kita tidak suka dengan ide usaha kita sendiri.

Selalu sediakan buku dan pulpen di dekat kita. Dengan begitu, akan memudahkan kita untuk mencatat ide yang tiba-tiba muncul di pikiran kita. Sangat mengesalkan jika beberapa menit kemudian kita lupa ide kita yang sangat bagus tersebut. Entah ide tersebut dipakai atau tidak, catat saja ide itu. Dari ide-ide yang kita kumpulkan tersebut akan ada ide yang akan dipakai untuk membuat usaha kita.

Jangan merasa minder dan takut untuk memulai. Perasaan takut dalam memulai sesuatu memang selalu menghantui diri kita. Tidak hanya membuat sebuah bisnis, di dalam menjalani kehidupan kita juga pasti butuh keberanian untuk membuat langkah baru. Memang memulai tidaklah mudah, tapi percaya saja ketika kamu mempunyai keinginan yang kuat rasa minder dan takut itu akan hilang. Apapun yang temanmu katakan ataupun keluarga kamu katakan, jika kamu ada keyakinan dan mampu. Just go!

picture source: pinterest.com

Some people think they’re too late to build their own business. But, actually it’s never too late. Banyak orang-orang yang baru memulai usahanya ketika mereka sudah memasuki usia yang tidak muda lagi. Tidak ada yang terlambat untuk memulai usaha, yang ada adalah penyesalan mengapa tidak membangun usaha yang kita inginkan. Gunakan setiap menitmu untuk membangun usahamu dan selalu optimis dalam hal apapun yang kita coba. Kesalahan selalu ada ketika mencoba dan itu wajar. Yang tidak wajar adalah ketika kita tidak atau takut untuk mencoba.

So, when is the best time to build your own business? The answer is NOW!

No Comments

    Leave a Reply