Menu
101 clean guide / Clean / journey

Mengenal Sustainable Living: Belajar Pelan-Pelan Tapi Pasti

Sustainable : causing a little or no damage to the environtment and therefore able to continue for a long time.

Cambridge online dictionary

Hidup ramah lingkungan atau yang biasa kita dengar dengan sutainable living semakin banyak dibicarakan di berbagai media. Belum banyak dari kita yang mengenal lebih dalam apa yang dimaksud dengan sustainable living atau hidup ramah lingkungan. Yuk kita belajar bareng mengenail sustainable living!

Sustainable living atau hidup ramah ingkungan adalah sebuah gaya hidup yang dilakukan untuk meminimalisir hingga mengurangi hal-hal yang tidak diperlukan seperti barang hingga pemakaian sumber daya alam dalam kehidupan kita.

Banyak dari kita disini yang mulai mengenal sutainable living dari social media, tapi bingung untuk memulai dari mana. Sebenarnya ada 5 hal yang bisa kita ikuti sebagai guidance sustainable living. Kelima hal ini, sering kali kita dengar atau baca dari media-media. Berikut adalah lima hal yang dapat kamu lakukan, tidak harus dilakukan semua just one step at the time.

Refuse

Menolak barang atau Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak diperlukan. Dengan melakukan refuse kita juga bisa memilah barang lebih bijak sesuai dengan pemakaian.

Reduce

Image source: unsplash.com

Mengurangi dan melakukan declutering terhadap barang atau SDA yang tidak kita perlukan. Keuntungannya we have more space at home!

Reuse

Setelah kita menerapkan refuse dan reduce, kita akan ditantang untuk berpikir kreatif dalam penggunaan kembali barang yang kita miliki. Jangan khawatir, banyak sekali ide-ide dalam reuse yang bisa kita terapkan dalam keseharian kita.

Recycle

Image source: unsplash.com

Belajar untuk mendaur ulang kembali barang kita yang tidak bisa kita refuse, reduce dan reuse. Contohnya adalah plastik, yang bisa kita daur ulang menjadi barang lain.

Rot

Image source: unsplash.com

Rot atau prossesnya disebut dengan rotting adalah sebuah proses komposing. Komposing adalah proses daur ulang atau recycle untuk mendapatkan sampah organik. Sampah organik ini yang nantinya bisa membantu kita dalam menanam tumbuhan yang bisa kita nikmati.

Seru juga ya ngobrolin tentang sustainable living, pastinya nantikan cerita mengenai sustainable living di ladyandmama.com. Kedepannya sustainable living akan menjadi trend yang baik untuk dilakukan. Baik dilakukan untuk diri kita sendiri, keluarga hingga anak dan cucu kita nanti, sekaligus menyelamatkan bumi tempat tinggal kita.

Selamat mencoba!

No Comments

    Leave a Reply